Budaya, Makanan, Ciri khas Kabupaten Blitar

 

Budaya

Setiap daerah mempunyai kebudayaan dan ciri khas masing-masing, salah satunya adalah Blitar yaitu tempat tinggal dan kelahiran saya. Blitar juga tempat tinggal tetap keluarga saya sekarang.

BUDAYA KOTA BLITAR

  1. Budaya Wayang Orang

index

Budaya Wayang Orang ini dimasa atau era sekarang sudah pudar bahkan hampir mati, namun seniman-seniman budaya yang ada di Kota Blitar yang lahir sejak dulu itu tidak punah.

3.Grebek Pancasila

gpsw

Grebeg adalah tradisi masyarakat Jawa yang biasanya diselenggarakan sebagai upacara peringatan hari-hari besar tertentu. Masyarakat Blitar menggunakan tradisi Grebeg untuk memperingati secara khusus Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni, yaitu Grebeg Pancasila, yang menjadi satu kesatuan dalam rangkaian acara peringatan Bulan Bung Karno – bulan Juni.

MAKANAN KHAS BLITAR

Blitar mempunyai berbagai macam wisata kuliner berikut kuliner khas kota blitar yang wajib untuk dicoba, kalau datang ke kota Blitar :

  1.    Nasi Pecelnjnjhjh

Bumbunya yg sangat terasa gurih, pedas dengan gilingan bahan yang cukup halus membuat tiap bahan yang tercampur menciptakan cita rasa yang tinggi. Sambel pecel dibuat dari perpaduan kacang tanah, gula kelapa, rempah-rempah dan bumbu rahasia serta daun jeruknya yang membuat rasanya semakin nikmat.

  1. Peyek ucengindexm

Uceng adalah ikan air tawar, biasanya hidup di sungai yang airnya jernih dan mengalir deras. Ikan ini bentuknya bentuknya bulat dan memanjang kira2 sebesar jari kelingking, tidak bersisik dan terdapat garis-garis vertikal hitam di badannya. Cara membuat iwak peyek ini, aduk rata tepungberas, tepung sagu, santan,  daun jeruk dan uceng. Tuang adonan di pinggir wajan dan setengah lagi ada di dalam minyak. Rasanya gurih dan renyah banget.

  1. Rujak Cingurimagesmmmm

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa timur. .Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun. Dan tentunya terdapat cingur yang menambah kelezatan rujak ini.

CIRI KHAS KOTA BLITAR

1.Makam Plokamator Bung Karno

imagesssss

Kota Blitar telah dikenal masyarakat se antero Nusantara sebagai Kota Kebangsaan dengan adanya Makam Proklamator Bung Karno dan sebagai destinasi utama para wisatawan yang mengunjungi Kota Blitar. Blitar kota Perjuangan begitu kata para leluhur kita dahulu. Blitar memiliki banyak cerita yang begitu heroik bagi guru bangsa ini. Soekarno, Presiden pertama Indonesia ini merupakan warga asli Blitar.Hingga saat ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Makam Bung Karno yang berada di Jalan Kalasan no. 1 Blitar. Saat anda memasuki wilayah jalan utama di Makam Bung karno ini anda akan menemukan sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan yang berhadapan dengan Cungkup Makam Bung Karno berbentuk bangunan Joglo, yakni bentuk seni bangunan jawa yang sudah dikenal sejak dahulu.

Untuk memasuki wilah Makam Bung karno, aksesnya sangat mudah. Dan sekarang telah di bangun Museum ataupun Perpustakaan, maka jika anda ingin mengenang atau mengetahui bagaimana kehidupan Bung Karno anda dapat singgah di Kompleks Makam Bung karno.

2.Terdapat Candi Penataran

imagesmmm

Candi Penataran atau Candi Panataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Blitar,Jawa Timur

 

3.Terdapat Monumen Supriadi

imagesj

Monumen Supriyadi merupakan sebuah monumen untuk mengenang jasanya. Pada tahun 1945, Kota Blitar menjadi pusat pemberontakan tentara PETA yang dipimpin oleh Shodancho Suprijadi melawan tentara Jepang. Monumen ini terletak di depan bekas markas PETA dan Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya. Selain itu, juga dibangun sebuah patung setengah dada Suprijadi yang terletak di depan Pendapa Kabupaten Blitar.

 

4.Terdapat taman idaman hati kota wlingi

images

Taman ini belum lama dibangun,taman ini bersih indah dan sejuk . Tak heran banya orang” yg berkunjung kekota wlingi ini.Selain banyak anak kecil yg datang , remaja remaja dewasapun sering berdatangan ke kota wlingi Blitar ini.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *